Chat with us, powered by LiveChat

Kasus Huawei Pebisnis AS Di China Takut Ditangkap

Huawei

DUITBET – Semenjak ditangkapnya beberapa warga kanada di China, Beberapa pebisnis Amerika Serikat yang sedang bertugas di China mengaku cemas. Pasalnya setelah AS meminta Kanada menangkap petinggi Huawei, Meng Wanzhou, China kemungkinan sedang mempersiapkan tindakan balas dendam.

China memang sudah berjanji bakal ada konsekuensi serius pada AS dan Kanada seandainya Meng terus dipenjara. Dua warga Kanada, Michael Kovrig dan Michael Spavor, bahkan dipastikan telah ditahan oleh otoritas China dengan tudingan membahayakan keamanan Negeri Tirai Bambu itu.

Maka wajar jika pebisnis AS di China takut bakal jadi incaran berikutnya. Dikutip BeritaCBD dari CNBC, Minggu (16/12/2018) seorang pengacara asal New York yang bekerja di China curhat bahwa kasus Huawei membuat mereka dilanda rasa khawatir dan jadi sangat berhati-hati.

Mereka tahu soal kemampuan China mengawasi apa yang mereka lakukan atau katakan. Jadi saat sedang berada di publik, mereka coba bertingkah senormal mungkin.

Seorang eksekutif perusahaan keuangan AS di Singapura mengakui beberapa koleganya di China menanyakan apakah ada kemungkinan mereka bisa dipindah ke Singapura saja atau Tokyo.

“Kupikir orang benar-benar menjadi waspada dan sedikit cemas. Mungkin mereka ingin pekerjaan yang sama, tapi di tempat lain saja. Tidak ada kepanikan atau semacamnya. Tapi orang-orang itu tetap bertingkah cool walau berada di bawah tekanan,” katanya.

Eksekutif itu sudah berulangkali datang ke China, namun saat ini sama sekali tak berniat ke sana. “Tidak, tidak…aku kan punya anak,” sergahnya.

“Memang selalu ada perhatian soal keamanan saat bepergian ke China dan risikonya saat ini barangkali lebih tinggi dibanding di masa silam. Perusahaan-perusahaan mengawasi situas ini dengan seksama,” kata Craig Allen, kepala U.S China Business Council.

China panas karena Huawei adalah perusahaan teknologi andalannya. Penangkapan sang petinggi, yang sekarang dibebaskan dengan jaminan sembari menunggu apakah akan diekstradisi di AS, membuat mereka mengancam tindakan balasan. Meng ditahan dengan tudingan memfasilitasi bisnis Huawei dengan Iran, negara yang diembargo AS.

Dilihat juga:
China Balas Dendam, Kanada mulai Cemas
Teknologi Huawei Alat Mata-Mata Dari Cina?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: