Virus HIV Bisa Di Sembuhkan TOTAL

ARENACBD – Bagi Anda yang kerap melakukan perawatan tubuh, seperti manicuredan pedicure, sebaiknya memerhatikan kebersihan dari alat-alat yang digunakan.

Dari alat-alat itu Anda rentan tertular virus HIV-AIDS Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta Barat, Edwin L Jim, mengatakan, apabila peralatan manicure dan pedicure yang digunakan itu sudah terkontaminasi darah dari orang dengan virus HIV AIDS (ODHA), ditambah pula Anda memiliki luka,maka hal yang tidak diinginkan itu bisa menular di diri Anda.

“Itu menjadi masalah, karena pada saat manicure atau pedicure, alat-alatnya tajam. Itu bisa menimbulkan luka,” kata Edwin di Jakarta pada Kamis, 18 Oktober 2018.

Untuk mencegahnya penyakit virus HIV-AIDS, tentu saja Anda harus memastikan bahwa alat yang digunakan saat perawatan adalah baru.

Menurut dia, ketimbang menggunakan peralatan lama yang dicuci, lebih baik memakai peralatan baru.

Tidak hanya manicure dan pedicure, Anda yang melakukan pangkas rambut juga harus berhati-hati pada peralatan yang dipakai saat memotong rambut.

Sama seperti sebelumnya, hal itu juga rentan menularkan virus HIV AIDS jika tercemar darah pasien yang masuk ke dalam luka Anda.

Orang dengan TB dan Hepatitis Harus Lakukan Skrining HIV

Edwin juga mengatakan bahwa orang yang pernah mengalami tuberkulosis (TB) dan juga Hepatitis B dan C, sebaiknya melakukan skirining HIV/AIDS.

“Semua pasien yang kena TB, hepatitis B atau C, mau bagaimanapun harus periksa HIV. Karena kalau dia positif (penyakit tersebut) berarti daya tahan tubuhnya kan turun. Maka itu harus skrining,” kata Edwin.

Hal ini karena banyak ditemukan orang yang mengalami TB, ternyata juga diketahui mengidap HIV pada saat pemeriksaan selanjutnya.

HIV/AIDS Kini Bisa Disembuhkan Total

Penyakit HIV/AIDS kini bisa disembuhkan. Hal ini terungkap dari hasil Konferensi internasional AIDS yang digelar Juli lalu di Washington DC, Amerika Serikat.

Konferensi Internasional AIDS ke-29 itu diselenggarakan pada tanggal 22- 27 Juli dan diikuti 195 negara dengan jumlah peserta lebih dari 121 ribu orang. Dari konferensi tersebut terungkap hingga saat ini sudah ada bukti bahwa HIV/AIDS sudah bisa disembuhkan secara total.

Ada 3 kasus yang terjadi, salah satunya pada seorang pasien dengan leukemia akut dan terjangkit HIV. Sewaktu leukemianya diobati dengan cangkok sel induk maka leukemianya sembuh dan virus HIV-nya hilang total. Juga ada dua kasus lain di mana pasien terkena kanker dan juga terjangkit virus HIV. Pada kedua orang tersebut dilakukan cangkok sumsum tulang dan hingga saat ini keduanya sehat serta tanpa ada virus HIV lagi, Jumat (3/8).

Selain itu, ada lagi 12 ODHA (Orang dengan HIV AIDS yang telah dinyatakan sembuh secara fungsional. 10 Tahun lalu saat terdeteksi infeksi HIV/AIDS, langsung diobati dengan obat antiretrovira (ART) selama 3 tahun tanpa menunggu kekebalan tubuh turun. Setelah minum ART selama 3 tahun lalu berhenti hingga hari ini yaitu 7 tahun kemudian kondisinya sehat walafiat.

Hal ini menunjukkan bahwa makin banyak harapan untuk menghentikan wabah virus AIDS. Prof dr Zubairi Djoerban, Manajer Unit Pelayanan Terpadu HIV RSCM, mengatakan, di RSCM sendiri tiap bulannya ada sekitar 2 ribuan pasien yang berobat HIV/AIDS terdiri dari pria dan wanita dewasa, juga bayi dan anak.

Permasalahan yang masih tersisa adalah bagaimana mengobati semua pasien yang terjangkit virus HIV/AIDS agar penularan virus ini terhenti. Karena di banyak negara baru sebagian kecil kasus yang diobati dan ditangani dengan baik.

ARENACBD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: